default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Antisipasi Bencana di Wilayah Situbondo, Ini Pesan Polisi

Antisipasi Bencana di Wilayah Situbondo, Ini Pesan Polisi
Peristiwa Daerah
Pembagian SK (Surat Keputusan) Kulin KK (Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan) kepada sejumlah petani hutan (Pesanggem) wilayah LMDH Kedunglo.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

SITUBONDO - Pembagian SK (Surat Keputusan) Kulin KK (Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan) kepada sejumlah petani hutan (Pesanggem) wilayah LMDH Kedunglo bekerjasama dengan Perhutani. Forkopimka Asembagus turut bersinergi serta mendukung suksesnya Perhutanan Sosial di Dusun Batolabeng, Kampung Penjalinan, Desa Kedunglo, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, (15/1/2020).

Pantauan suaraindonesia.co.id, turut mendukung suksesnya perhutanan sosial, menuju hutan lestari masyarakat sejahtera dan pembagian SK Kulin KK tersebut,  Ketua LMDH  (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Ridayu.

Penguatan kelembagaan LMDH  Rimba Lestari juga hadir, Camat Asembagus Andi Jaka Setiawan, Kapolsek Asembagus Iptu Achmad Sulaiman,  Danramil 0823/07 Asembagus Kapten Inf Sunaryo, Asper Perhutani Asembagus Sukatno, Kades Kedunglo bersama ratusan petani hutan (pesanggem) desa setempat.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Asembagus Iptu Achmad Sulaiman berpesan, agar tidak menebang pohon sembarang untuk meminimalisir datangnya bencana serta berharap petani menanam tanaman yang dapat menghasilkan. 

"Saya melihat wilayah ini kemiringannya beberapa derajat, untuk mengantisipasi tanah longsor, banjir dimusim penghujan dan kekeringan petani hutan harus menanam pohon, selain itu juga menanam yang bisa menghasilkan seperti Apukat, kopi dan pete agar setiap tahunnya bisa menikmati hasilnya. Ini semua demi keamanan, kenyamanan dan kelestarian hutan untuk masyarakat serta mengantisipasi segala bentuk ganguan bencana apalagi saat ini musim hujan," ucapnya. 

Kapolsek menambahkan, segala potensi gangguan akibat curah hujan yang mulai meningkat, serta bagaimana cara penanggulangannya sehingga hal-hal buruk bisa diantisipasi. 

"Betapa pentingnya menjalin kerja sama antara masyarakat, TNI - Polri dengan pihak Perhutani dalam rangka mencegah terjadinya pengrusakan hutan dan antisipasi bencana alam," pungkasnya.(*)


Kontributor : Sarwo Edy
Editor : Irwan Rakhday
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar